Top Ad 728x90

Minggu, 25 September 2016

,

Penjelasanan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP

Penjelasanan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP
Penjelasan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP.
Menu Manajemen Penggua Aplikasi PMP harus difahami betul oleh operator sekolah dalam melakukan input data PMP. Sebab dari menu tersebut, bisa dilakukan tugar pengguna mulai dari Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik, Pengawas dan Komite Sekolah.

Menu manajemen pengguna digunakan untuk mengelola pengguna aplikasi PMP baik tambah pengguna, salin pengguna maupun hapus pengguna. Aplikasi PMP terdiri dari 5 (lima) pengguna yaitu:

1. Kepala Sekolah

2. PTK

3. Peserta Didik

4. Pengawas

5. Komite Sekolah

Tata cara dan login pengguna Aplikasi PMP akan dijelaskan dalam deskripsi di bawah ini:

a. Kepala Sekolah

Untuk kepala sekolah username dan password sama dengan username dan password operator dapodik, data pengguna kepala sekolah tidak tercantum di manajemen pengguna ini.

b. PTK

Untuk menambah pengguna PTK terlebih dahulu klik ‘Salin PTK’.

Tombol ‘Salin PTK’ berfungsi untuk menyalin data PTK yang ada di aplikasi dapodik menjadi pengguna aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner. PTK yang dapat disalin dari aplikasi dapodik adalah PTK yang sudah memenuhi 3 kondisi yaitu:

1. PTK yang telah mendapatkan penugasan di tahun ajaran ini

2. Berstatus sebagai guru (jenis PTK di dapodik = Guru)

3. Telah mengisi email di aplikasi dapodik

Setelah memenuhi persyaratan salin PTK klik ‘ya’ maka data PTK akan tersalin di manajemen pengguna. Username PTK adalah email yang diisikan di aplikasi dapodik sedangkan password PTK adalah tanggal lahir yang diisikan di aplikasi dapodik dengan format yyyy-mm-dd (contoh: 1980-08-20).

c. Peserta Didik

Untuk menambah pengguna peserta didik terlebih dahulu klik ‘salin peserta didik’.

Tombol ini berfungsi untuk menyalin data peserta didik yang ada di aplikasi dapodik menjadi pengguna aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner. Peserta didik yang dapat disalin dari aplikasi dapodik adalah peserta didik yang sudah memenuhi 3 kondisi yaitu:

1. Peserta didik yang telah terdaftar di sekolah

2. Telah terpetakan ke dalam rombel kelas di dalam dapodik

3. Telah memiliki NISN

Setelah memenuhi persyaratan salin peserta didik klik ‘Ya’ maka data peserta didik akan tersalin di manajemen pengguna. Username peserta didik adalah NISN yang diisikan di aplikasi dapodik dan password peserta didik adalah NISN yang diisikan di aplikasi dapodik (username dan password sama yaitu NISN).

d. Pengawas

Untuk menambah pengguna pengawas terlebih dahulu klik ‘Tambah’, tombol ini berfungsi untuk menambah pengguna pengawas dan komite sekolah pada aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner

Kemudian isikan data nama, peran, username (email), password, ulang password, NIK, NIP, Tanggal lahir, Nama ibu kandung dan NUPTK. Data yang ditandai dengan bintang merah wajib diisi.

Setelah pengisian data pengguna klik ‘save’ untuk menyimpan pengguna baru jika berhasil menyimpan pengguna baru maka akan muncul pesan berhasil disimpan. Ketika ingin login sebagai pengguna pengawas masukkan username dan password sesuai dengan yang telah didaftarkan.

Untuk menambah pengguna komite sekolah terlebih dahulu klik ‘Tambah’, tombol ini berfungsi untuk menambah pengguna pengawas dan komite sekolah pada aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner.

Kemudian isikan data nama, peran, username (email), password, ulang password, NIK, NIP, Tanggal lahir, Nama ibu kandung dan NUPTK. Data yang ditandai dengan bintang merah wajib diisi.

Setelah pengisian data pengguna klik ‘save’ untuk menyimpan pengguna baru jika berhasil menyimpan pengguna baru maka akan muncul pesan berhasil disimpan. Ketika ingin login sebagai pengguna komite sekolah masukkan username dan password sesuai dengan yang telah didaftarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90